wdcfawqafwef

Cara Mengurangi Stres, Praktis, Mudah dan Murah


USIR "STRESS" dengan Cara Mudah

Sesuai tema saat ini "Stress".Stress memang tak pernah memandang usia. Semua orang pasti pernah mengalami stres, baik muda maupun tua, anak-anak sampai dengan usia lanjut, pasti mengalami stress. Banyak sekali stressor (penyebab stress) yang sering kali kita hadapi, diantaranya :
- Susahnya mencari pekerjaan
- Susahnya mencari jodoh
- Banyaknya kerjaan atau tugas yang belum terselesaikan
- Perselisihan antar keluarga/ pacar/ sahabat/ teman
- Kurang Piknik (faktor tambahan saja)

Stress adalah setumpuk permasalahan yang kita hadapi dan menjadi beban terus menerus sehingga susah untuk di pecahkan, stress juga tingkatan awal atau dapat dikatakan penyebab awal dari timbulnya berbagai penyakit.
Stres yang berkepanjangan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, dari dapat mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar, stres juga dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi. Tidak hanya itu saja, saat kita stres, wajah kita menjadi suram dan cepat menjadi keriput.

Sebenarnya memang tidak mudah untuk menghilangkan stress, perlu biaya yang tidak sedikit jika stress tersebut meningkat ke tahapan selanjutnya yaitu depresi. Semoga tips berikut ini dapat bermanfaat untuk sedikit membantu kita mengurangi rasa stress yang kita hadapi .

Berikut sedikit Tipsnya :
1. Hewan Peliharaan

Banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat mengalihkan perhatian kita agar tidak fokus ke permasalahan kita untuk sementara waktu sehingga dapat mengurangi stress yang kita hadapi. Usahakan setiap hari kita sempatkan untuk bermain bersama hewan peliharaan kesayangan kita, ajak mereka berbicara dan usap lembut bulunya atau hanya sekedar meemberi mereka makan dan melihat mereka dapat mengobati rasa stress kita. 
Apapun hewan peliharaan anda, pasti akan membuat beban pekerjaan sedikit berkurang.
2. Menghirup Aroma Kesukaan



Beberapa orang mengaku bahwa lebih tenang saat mereka menghirup aroma-aroma tertentu. Dan ternyata aroma tersebut memiliki manfaat untuk menenangkan pikiran kita. Pikiran yang merupakan kunci utama untuk mengurangi stress yang kita hadapi. Jadi, sediakan paling tidak pengharum ruangan dengan aroma kesukaan kita yang terletak di rumah/ kamar kita, sehingga kita dapat menghirupnya sewaktu-waktu / saat pikiran kita terasa jenuh.
3. Berjalan Kaki


Ya, berjalan kaki. Simple bukan?
Dengan berjalan kaki kita dapat memetik banyak sekali manfaat buat tubuh kita. Diantaranya :
- Memperlancar peredaran darah
- Mengurangi berat badan
- Menghindarkan kita dari penyakit alzheimer (pikun)
- Mengurangi stress
Sempatkan berjalan kaki dan usahakan ajak keluarga / orang tersayang anda untuk berjalan kaki bersama ke tempat-tempat yang indah, seperti gunung, pantai, bukit, persawahan, kebun dll.


4. Olah Nafas

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa dengan mengolah nafas kita atau menghirup nafas dalam-dalam selama hitungan 10-15 detik dapat menghantarkan energi positif ke otak kita dan tidak menutup kemungkinan stres yang kita alamin akan dapat berkurang. Olah nafas ini sangat baik juga untuk kesehatan tubuh kita, banyak sekali metode olah nafas yang dikembangkan di Indonesia saat ini, mulai dari yoga, seluruh perguruan silat di Indonesia, serta padepokan milik pribadi yang mengajarkan olah nafas. Tetapi cara yang paling mudah hanya menghirup nafas dalam-dalam dan keluarka secara perlahan, simple dan mudah bukan?
5. Luangkan Waktu Anda Bersama Orang Yang Tersayang



Meluangkan sedikit waktu anda untuk sekedar berlibur bersama keluarga atau menyempatkan waktu untuk makan malam bersama, dapat menjadi alternatif yang sangat efektif sekali untuk menghilangkan stress yang anda hadapi. Karena kehangatan kasih sayang keluarga dan orang yang anda sayangi akan menghasilkan energi positif yang sangat besar bagi anda. So, jangan remehkan waktu bersama keluarga dan orang yang anda sayangi.
6. Bermain Game



Sediakan paling tidak 2 game atau lebih di smartphone anda. Karena berdasarkan penelitian yang sering dilakukan dengan bermain game pikiran kita akan teralihkan dan dengan sengaja otak akan rileks dengan sendirinya. Pilihlah game yang ringan dan santai saja. Seperti candy crush, pou, tetris, block puzzle dan sebagainya.
7. Cokelat


Yups, cokelat telah dipercaya dari zaman dahulu dapat mengembalikan mood yang buruk dan dapat mengurangi stress. Rasa cokelat yang manis dan diiringi dengan rasa sedikit pahit saat kita mengkonsumsinya dan cokelat tersebut lumer di dalam mulut kita memang sensasi rasa yang luar biasa untuk dinikmati. Kandungan flavonoid di dalam cokelat memang bermanfaat untuk meningkatkan mood seseorang. Tenang saja guys, cokelat tidak membuat kita gemuk kok. Jadi, jangan menghindari dn takut dengan cokelat ya. Konsumsilah dengan sewajarnya.

Itulah, sedikit tips yang dapat anda lakukan untuk mengurangi stress anda.
Mudah, murah, simple dan dapat anda lakukan sewaktu-waktu.

0 Response to "Cara Mengurangi Stres, Praktis, Mudah dan Murah"

Post a Comment